Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Alokasi Waktu Mata Pelajaran Intrakurikuler dan Kokurikuler Kelas I-VI SD Berdasarkan Permendikdasmen No. 13 Tahun 2025

Permendikdasmen No. 13 Tahun 2025, alokasi jam pelajaran SD, struktur kurikulum SD 2025, kurikulum Kelas 1-6 SD, jam pelajaran intrakurikuler SD, jam pelajaran kokurikuler SD, mata pelajaran SD terbaru, pembagian jam belajar SD, jadwal pelajaran SD 2025, koding dan kecerdasan artifisial, koding dan AI di SD

"Ilustrasi Struktur kurikulum SD 2025 Kelas I-VI berdasarkan Permendikdasmen No. 13 Tahun 2025, termasuk jam pelajaran intrakurikuler dan kokurikuler." (bkp.go.id).

Alokasi Waktu Mata Pelajaran Intrakurikuler dan Kokurikuler Kelas I-VI SD Berdasarkan Permendikdasmen No. 13 Tahun 2025. Sekolah dasar (SD) adalah fondasi penting bagi perkembangan pengetahuan, keterampilan, dan karakter anak. Agar proses kegiatan belajar mengajar berjalan efektif dan menyeluruh, Kementerian Pendidikan, Dasar, dan Menengah (Kemendikdasmen) menetapkan Permendikdasmen No. 13 Tahun 2025 tentang Struktur Kurikulum Sekolah Dasar (SD), Madrasah Ibtidaiyah (MI), atau bentuk lain yang sederajat.

Permendikdasmen No. 13 Tahun 2025 ini mengatur alokasi waktu mata pelajaran Intrakurikuler dan Kokurikuler secara detail untuk siswa SD Kelas I sampai VI, sehingga setiap satuan pendidikan dapat melaksanakan pembelajaran yang seimbang dan sesuai standar.

Apa Itu Struktur Kurikulum dan Alokasi Jam Pelajaran?

Struktur kurikulum merupakan kerangka dasar dalam sistem pendidikan yang memuat pengorganisasian mata pelajaran, beban belajar, serta pembagian waktu belajar yang harus ditempuh siswa pada jenjang tertentu. Struktur kurikulum ini menjadi pedoman utama bagi sekolah dalam menyusun jadwal pelajaran dan kegiatan pembelajaran agar berjalan terarah dan sesuai standar pendidikan nasional.

Sementara itu, alokasi jam pelajaran adalah pembagian waktu belajar yang ditetapkan untuk setiap mata pelajaran atau kegiatan pembelajaran, baik secara mingguan maupun tahunan. Alokasi waktu ini memastikan keseimbangan antara mata pelajaran inti, kegiatan pengembangan diri, dan pembelajaran tambahan sesuai dengan kebutuhan siswa.

Secara keseluruhan, struktur kurikulum dan alokasi jam pelajaran berfungsi sebagai panduan utama dalam proses kegiatan belajar mengajar. Keduanya membantu sekolah menjamin bahwa siswa dapat mencapai kompetensi akademik, keterampilan, serta karakter yang ditargetkan dalam kurun waktu tertentu sesuai dengan kurikulum yang berlaku.

Struktur Kurikulum dan Alokasi Jam Pelajaran SD 2025

Dengan asumsi 1 tahun pelajaran terdiri dari 36 Minggu (18 Minggu Per Semester), berikut adalah rincian jam pelajaran (JP) Per Minggu dan Per Tahun untuk setiap jenjang kelas berdasarkan Permendikdasmen No. 13 Tahun 2025:

• Struktur Kurikulum Kelas I SD

Berdasarkan Permendikdasmen No. 13 Tahun 2025, Total alokasi Jam Pelajaran (JP) untuk Kelas I Sekolah Dasar (SD) adalah 1.152 JP Per Tahun, yang terdiri atas:

  • 936 JP Intrakurikuler
  • 216 JP Kokurikuler

Dengan asumsi 1 tahun pelajaran terdiri dari 36 Minggu, maka rincian pembagian jam pelajaran per minggu untuk siswa Kelas I SD adalah sebagai berikut:

1. Pendidikan Agama dan Budi Pekerti

Mempunyai alokasi waktu 3 JP Intrakurikuler dan 1 JP Kokurikuler Per Minggu, sehingga total menjadi 4 JP Per Minggu.

2. Pendidikan Pancasila

Mempunyai alokasi waktu 4 JP Intrakurikuler dan 1 JP Kokurikuler Per Minggu, dengan total 5 JP Per Minggu.

3. Bahasa Indonesia

Mempunyai alokasi waktu dengan porsi terbesar, yaitu 7 JP Intrakurikuler dan 1 JP Kokurikuler Per Minggu, total 8 JP Per Minggu.

4. Matematika

Mempunyai alokasi waktu 4 JP Intrakurikuler dan 1 JP Kokurikuler Per Minggu, sehingga total 5 JP Per Minggu.

5. Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK)

Mempunyai alokasi waktu 3 JP Intrakurikuler dan 1 JP Kokurikuler Per Minggu, total 4 JP Per Minggu.

6. Seni dan Budaya (1 Pilihan Bidang Seni)

Mempunyai alokasi waktu 3 JP Intrakurikuler dan 1 JP Kokurikuler Per Minggu, sehingga total 4 JP Per Minggu.

7. Muatan Lokal

Sekolah dapat menambahkan Muatan Lokal maksimal 2 JP Per Minggu sesuai dengan kebutuhan dan konteks daerah.

Secara keseluruhan, siswa Kelas I SD mengikuti sekitar 26 JP Intrakurikuler dan 6 JP Kokurikuler Per Minggu, ditambah maksimal 2 JP Muatan Lokal, sehingga total keseluruhan sekitar 32 JP Per Minggu.

Berikut adalah Tabel Struktur Kurikulum Kelas I SD dan Alokasi Waktu Mata Pelajaran Intrakurikuler dan Kokurikuler Berdasarkan Permendikdasmen No. 13 Tahun 2025:

Permendikdasmen No. 13 Tahun 2025, alokasi jam pelajaran SD, struktur kurikulum SD 2025, kurikulum Kelas 1-6 SD, jam pelajaran intrakurikuler SD, jam pelajaran kokurikuler SD, mata pelajaran SD terbaru, pembagian jam belajar SD, jadwal pelajaran SD 2025, koding dan kecerdasan artifisial, koding dan AI di SD

• Struktur Kurikulum Kelas II SD

Mengacu pada Permendikdasmen No. 13 Tahun 2025, total alokasi Jam Pelajaran (JP) untuk Kelas II Sekolah Dasar (SD) adalah 1.224 JP Per Tahun, yang terdiri dari:

  • 1.008 JP Intrakurikuler
  • 216 JP Kokurikuler

Dengan asumsi 1 tahun pelajaran terdiri dari 36 Minggu, maka rincian pembagian jam pelajaran per minggu untuk siswa Kelas II SD adalah sebagai berikut:

1. Pendidikan Agama dan Budi Pekerti

Mempunyai alokasi waktu 3 JP Intrakurikuler dan 1 JP Kokurikuler Per Minggu, total 4 JP Per Minggu.

2. Pendidikan Pancasila

Mempunyai alokasi waktu 4 JP Intrakurikuler dan 1 JP Kokurikuler Per Minggu, total 5 JP Per Minggu.

3. Bahasa Indonesia

Mempunyai alokasi waktu terbanyak, yaitu 8 JP Intrakurikuler dan 1 JP Kokurikuler Per Minggu, sehingga total 9 JP Per Minggu.

4. Matematika

Mempunyai alokasi waktu 5 JP Intrakurikuler dan 1 JP Kokurikuler Per Minggu, total 6 JP Per Minggu.

5. Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK)

Mempunyai alokasi waktu 3 JP Intrakurikuler dan 1 JP Kokurikuler Per Minggu, total 4 JP Per Minggu.

6. Seni dan Budaya (1 Pilihan Bidang Seni)

Mempunyai alokasi waktu 3 JP Intrakurikuler dan 1 JP Kokurikuler Per Minggu, total 4 JP Per Minggu.

7. Muatan Lokal

Sekolah dapat menambahkan Muatan Lokal maksimal 2 JP Per Minggu sesuai dengan kebutuhan dan konteks daerah.

Secara keseluruhan, siswa Kelas II SD akan mengikuti sekitar 28 JP Intrakurikuler dan 6 JP Kokurikuler Per Minggu, ditambah maksimal 2 JP Muatan Lokal, sehingga total keseluruhan mencapai 34 JP Per Minggu.

Berikut adalah Tabel Struktur Kurikulum Kelas II SD dan Alokasi Waktu Mata Pelajaran Intrakurikuler dan Kokurikuler Berdasarkan Permendikdasmen No. 13 Tahun 2025:

Permendikdasmen No. 13 Tahun 2025, alokasi jam pelajaran SD, struktur kurikulum SD 2025, kurikulum Kelas 1-6 SD, jam pelajaran intrakurikuler SD, jam pelajaran kokurikuler SD, mata pelajaran SD terbaru, pembagian jam belajar SD, jadwal pelajaran SD 2025, koding dan kecerdasan artifisial, koding dan AI di SD

• Struktur Kurikulum Kelas III SD

Berdasarkan Permendikdasmen No. 13 Tahun 2025, total alokasi Jam Pelajaran (JP) untuk Kelas III Sekolah Dasar adalah 1.440 JP Per Tahun, yang terbagi menjadi:

  • 1.188 JP Intrakurikuler
  • 252 JP Kokurikuler

Dengan asumsi 1 tahun pelajaran terdiri dari 36 Minggu, maka rincian alokasi jam pelajaran per minggu untuk siswa Kelas III SD adalah sebagai berikut:

1. Pendidikan Agama dan Budi Pekerti

Mempunyai alokasi waktu 3 JP Intrakurikuler dan 1 JP Kokurikuler Per Minggu, sehingga total 4 JP Per Minggu.

2. Pendidikan Pancasila

Mempunyai alokasi waktu 4 JP Intrakurikuler dan 1 JP Kokurikuler Per Minggu, total 5 JP Per Minggu.

3. Bahasa Indonesia

Mempunyai alokasi waktu dengan porsi cukup besar, yaitu 7 JP Intrakurikuler dan 1 JP Kokurikuler Per Minggu, total 8 JP Per Minggu.

4. Matematika

Mempunyai alokasi waktu 5 JP Intrakurikuler dan 1 JP Kokurikuler Per Minggu, sehingga total 6 JP Per Minggu.

5. Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS)

Mempunyai alokasi waktu 5 JP Intrakurikuler dan 1 JP Kokurikuler Per Minggu, total 6 JP Per Minggu.

6. Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK)

Mempunyai alokasi waktu 3 JP Intrakurikuler dan 1 JP Kokurikuler Per Minggu, sehingga total 4 JP Per Minggu.

7. Seni dan Budaya (1 Pilihan Bidang Seni)

Mempunyai alokasi waktu 3 JP Intrakurikuler dan 1 JP Kokurikuler Per Minggu, total 4 JP Per Minggu.

8. Bahasa Inggris

Sekolah dapat menambahkan maksimal 2 JP Per Minggu sesuai kebijakan sekolah.

9. Muatan Lokal

Sekolah juga dapat menambahkan Muatan Lokal maksimal 2 JP Per Minggu sesuai dengan kebutuhan dan konteks daerah.

Secara keseluruhan, siswa Kelas III SD akan mengikuti sekitar 33 JP Intrakurikuler dan 7 JP Kokurikuler Per Minggu, ditambah maksimal 2 JP Bahasa Inggris dan 2 JP Muatan Lokal. Dengan demikian, total jam pelajaran untuk Kelas III SD mencapai 40 JP Per Minggu.

Berikut adalah Tabel Struktur Kurikulum Kelas III SD dan Alokasi Waktu Mata Pelajaran Intrakurikuler dan Kokurikuler Berdasarkan Permendikdasmen No. 13 Tahun 2025:

Permendikdasmen No. 13 Tahun 2025, alokasi jam pelajaran SD, struktur kurikulum SD 2025, kurikulum Kelas 1-6 SD, jam pelajaran intrakurikuler SD, jam pelajaran kokurikuler SD, mata pelajaran SD terbaru, pembagian jam belajar SD, jadwal pelajaran SD 2025, koding dan kecerdasan artifisial, koding dan AI di SD

• Struktur Kurikulum Kelas IV SD

Mengacu pada Permendikdasmen No. 13 Tahun 2025, total Jam Pelajaran (JP) untuk Kelas IV Sekolah Dasar (SD) ditetapkan sebanyak 1.440 JP Per Tahun, yang terdiri dari:

  • 1.188 JP Intrakurikuler
  • 252 JP Kokurikuler

Dengan asumsi (perhitungan) 1 tahun pelajaran terdiri dari 36 Minggu, maka rincian alokasi jam pelajaran per minggu untuk siswa Kelas IV SD adalah sebagai berikut:

1. Pendidikan Agama dan Budi Pekerti

Mempunyai alokasi waktu 3 JP Intrakurikuler dan 1 JP Kokurikuler Per Minggu, sehingga total 4 JP Per Minggu.

2. Pendidikan Pancasila

Mempunyai alokasi waktu 4 JP Intrakurikuler dan 1 JP Kokurikuler Per Minggu, total 5 JP Per Minggu.

3. Bahasa Indonesia

Mempunyai alokasi waktu 6 JP Intrakurikuler dan 1 JP Kokurikuler Per Minggu, sehingga total 7 JP Per Minggu.

4. Matematika

Mempunyai alokasi waktu 5 JP Intrakurikuler dan 1 JP Kokurikuler Per Minggu, total 6 JP Per Minggu.

5. Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS)

Mempunyai alokasi waktu 5 JP Intrakurikuler dan 1 JP Kokurikuler Per Minggu, sehingga total 6 JP Per Minggu.

6. Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK)

Mempunyai alokasi waktu 3 JP Intrakurikuler dan 1 JP Kokurikuler Per Minggu, total 4 JP Per Minggu.

7. Seni dan Budaya (1 Pilihan Bidang Seni)

Mempunyai alokasi waktu 3 JP Intrakurikuler dan 1 JP Kokurikuler Per Minggu, sehingga total 4 JP Per Minggu.

8. Bahasa Inggris

Sekolah dapat menambahkan maksimal 2 JP Per Minggu sesuai kebijakan sekolah.

9. Muatan Lokal

Sekolah juga dapat menambahkan Muatan Lokal maksimal 2 JP Per Minggu sesuai dengan kebutuhan dan konteks daerah.

Secara keseluruhan, siswa Kelas IV SD mengikuti sekitar 33 JP Intrakurikuler dan 7 JP Kokurikuler Per Minggu, ditambah maksimal 2 JP Bahasa Inggris dan 2 JP Muatan Lokal. Dengan demikian, total jam pelajaran Kelas IV SD mencapai 40 JP Per Minggu.

Berikut adalah Tabel Struktur Kurikulum Kelas IV SD dan Alokasi Waktu Mata Pelajaran Intrakurikuler dan Kokurikuler Berdasarkan Permendikdasmen No. 13 Tahun 2025:

Permendikdasmen No. 13 Tahun 2025, alokasi jam pelajaran SD, struktur kurikulum SD 2025, kurikulum Kelas 1-6 SD, jam pelajaran intrakurikuler SD, jam pelajaran kokurikuler SD, mata pelajaran SD terbaru, pembagian jam belajar SD, jadwal pelajaran SD 2025, koding dan kecerdasan artifisial, koding dan AI di SD

• Struktur Kurikulum Kelas V SD

Berdasarkan Permendikdasmen No. 13 Tahun 2025, total Jam Pelajaran (JP) untuk Kelas V Sekolah Dasar adalah 1.512 JP Per Tahun, yang terdiri dari:

  • 1.260 JP Intrakurikuler
  • 252 JP Kokurikuler

Dengan asumsi (perhitungan) 1 tahun pelajaran berlangsung selama 36 Minggu, maka rincian alokasi jam pelajaran per minggu untuk siswa Kelas V SD adalah sebagai berikut:

1. Pendidikan Agama dan Budi Pekerti

Mempunyai alokasi waktu 3 JP Intrakurikuler dan 1 JP Kokurikuler Per Minggu, sehingga total 4 JP Per Minggu.

2. Pendidikan Pancasila

Mempunyai alokasi waktu 4 JP Intrakurikuler dan 1 JP Kokurikuler Per Minggu, total 5 JP Per Minggu.

3. Bahasa Indonesia

Mempunyai alokasi waktu 6 JP Intrakurikuler dan 1 JP Kokurikuler Per Minggu, sehingga total 7 JP Per Minggu.

4. Matematika

Mempunyai alokasi waktu 5 JP Intrakurikuler dan 1 JP Kokurikuler Per Minggu, total 6 JP Per Minggu.

5. Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS)

Mempunyai alokasi waktu 5 JP Intrakurikuler dan 1 JP Kokurikuler Per Minggu, total 6 JP Per Minggu.

6. Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK)

Mempunyai alokasi waktu 3 JP Intrakurikuler dan 1 JP Kokurikuler Per Minggu, total 4 JP Per Minggu.

7. Seni dan Budaya (1 Pilihan Bidang Seni)

Mempunyai alokasi waktu 3 JP Intrakurikuler dan 1 JP Kokurikuler Per Minggu, sehingga total 4 JP Per Minggu.

8. Bahasa Inggris

Sekolah dapat menambahkan maksimal 2 JP Per Minggu sesuai kebutuhan sekolah.

9. Koding dan Kecerdasan Artifisial

Sekolah dapat menambahkan mata pelajaran pilihan Koding dan Kecerdasan Artifisial maksimal 2 JP Per Minggu sebagai keterampilan abad 21.

10. Muatan Lokal

Sekolah dapat menambahkan maksimal 2 JP Per Minggu sesuai dengan kebutuhan dan konteks daerah.

Secara keseluruhan, siswa Kelas V SD mengikuti sekitar 35 JP Intrakurikuler dan 7 JP Kokurikuler Per Minggu, ditambah maksimal 2 JP Bahasa Inggris, 2 JP Koding dan Kecerdasan Artifisial, serta 2 JP Muatan Lokal. Dengan demikian, total jam pelajaran Kelas V SD mencapai 42 JP Per Minggu.

Berikut adalah Tabel Struktur Kurikulum Kelas V SD dan Alokasi Waktu Mata Pelajaran Intrakurikuler dan Kokurikuler Berdasarkan Permendikdasmen No. 13 Tahun 2025:

Permendikdasmen No. 13 Tahun 2025, alokasi jam pelajaran SD, struktur kurikulum SD 2025, kurikulum Kelas 1-6 SD, jam pelajaran intrakurikuler SD, jam pelajaran kokurikuler SD, mata pelajaran SD terbaru, pembagian jam belajar SD, jadwal pelajaran SD 2025, koding dan kecerdasan artifisial, koding dan AI di SD

• Struktur Kurikulum Kelas VI SD

Mengacu pada Permendikdasmen No. 13 Tahun 2025, total Jam Pelajaran (JP) untuk Kelas VI Sekolah Dasar (SD) adalah 1.344 JP Per Tahun, yang terbagi menjadi:

  • 1.220 JP Intrakurikuler
  • 224 JP Kokurikuler

Dengan asumsi (perhitungan) 1 tahun pelajaran berlangsung selama 32 Minggu, maka rincian alokasi jam pelajaran per minggu untuk siswa Kelas VI SD adalah sebagai berikut:

1. Pendidikan Agama dan Budi Pekerti

Mempunyai alokasi waktu 3 JP Intrakurikuler dan 1 JP Kokurikuler Per Minggu, sehingga total 4 JP Per Minggu.

2. Pendidikan Pancasila

Mempunyai alokasi waktu 4 JP Intrakurikuler dan 1 JP Kokurikuler Per Minggu, total 5 JP Per Minggu.

3. Bahasa Indonesia

Mempunyai alokasi waktu 6 JP Intrakurikuler dan 1 JP Kokurikuler Per Minggu, sehingga total 7 JP Per Per Minggu.

4. Matematika

Mempunyai alokasi waktu 5 JP Intrakurikuler dan 1 JP Kokurikuler Per Minggu, total 6 JP Per Minggu.

5. Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS)

Mempunyai alokasi waktu 5 JP Intrakurikuler dan 1 JP Kokurikuler Per Minggu, total 6 JP Per Minggu.

6. Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK)

Mempunyai alokasi waktu 3 JP Intrakurikuler dan 1 JP Kokurikuler Per Minggu, total 4 JP Per Minggu.

7. Seni dan Budaya (1 Pilihan Bidang Seni)

Mempunyai alokasi waktu 3 JP Intrakurikuler dan 1 JP Kokurikuler Per Minggu, sehingga total 4 JP Per Minggu.

8. Bahasa Inggris

Sekolah dapat menambahkan maksimal 2 JP Per Minggu sesuai kebijakan sekolah.

9. Koding dan Kecerdasan Artifisial

Sekolah dapat menambahkan mata pelajaran pilihan Koding dan Kecerdasan Artifisial maksimal 2 JP Per Minggu sebagai keterampilan abad 21.

10. Muatan Lokal

Sekolah dapat menambahkan maksimal 2 JP Per Minggu sesuai dengan kebutuhan dan konteks daerah.

Secara keseluruhan, siswa Kelas VI SD mengikuti sekitar 35 JP Intrakurikuler dan 7 JP Kokurikuler Per Minggu, ditambah maksimal 2 JP Bahasa Inggris, 2 JP Koding dan Kecerdasan Artifisial, serta 2 JP Muatan Lokal. Dengan demikian, total jam pelajaran Kelas VI SD mencapai 42 JP Per Minggu.

Berikut adalah Tabel Struktur Kurikulum Kelas VI SD dan Alokasi Waktu Mata Pelajaran Intrakurikuler dan Kokurikuler Berdasarkan Permendikdasmen No. 13 Tahun 2025:

Permendikdasmen No. 13 Tahun 2025, alokasi jam pelajaran SD, struktur kurikulum SD 2025, kurikulum Kelas 1-6 SD, jam pelajaran intrakurikuler SD, jam pelajaran kokurikuler SD, mata pelajaran SD terbaru, pembagian jam belajar SD, jadwal pelajaran SD 2025, koding dan kecerdasan artifisial, koding dan AI di SD

Kesimpulan Struktur Kurikulum SD Kelas I–VI

Berdasarkan Permendikdasmen No. 13 Tahun 2025, alokasi jam pelajaran (JP) Intrakurikuler dan Kokurikuler di Sekolah Dasar (SD) dirancang agar pembelajaran berlangsung seimbang antara pengetahuan akademik, keterampilan hidup, karakter, dan pengembangan potensi siswa.

Secara umum:

    • Kelas I dan II: Fokus pada penguatan Literasi dan Numerasi dasar, dengan total sekitar 32–34 JP Per Minggu, termasuk kegiatan Kokurikuler dan Muatan Lokal.
    • Kelas III dan IV: Mulai menambahkan mata pelajaran seperti IPAS (Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial) dan Bahasa Inggris, sehingga total mencapai 40 JP Per Minggu.
    • Kelas V dan VI: Mengutamakan penguasaan kompetensi lanjutan, keterampilan abad 21 seperti Koding dan Kecerdasan Artifisial, serta Bahasa Inggris, dengan total 42 JP Per Minggu.

Struktur kurikulum SD 2025 ini menegaskan pentingnya:

  • Keseimbangan antara Intrakurikuler dan Kokurikuler (aktivitas pendukung pembentukan karakter dan keterampilan sosial).
  • Fleksibilitas penambahan mata pelajaran Bahasa Inggris, Muatan Lokal dan Mata Pelajaran Pilihan (Koding dan Kecerdasan Artifisial) agar sesuai kebutuhan sekolah dan daerah.
  • Peningkatan kualitas pembelajaran secara bertahap, mulai dari dasar hingga keterampilan abad 21.

Dengan Struktur Kurikulum SD 2025 yang terstandar ini, sekolah diharapkan mampu memfasilitasi siswa untuk berkembang secara akademik, sosial, emosional, dan kreatif, serta siap menghadapi jenjang pendidikan berikutnya.

Kesimpulan

Dengan diterapkannya Permendikdasmen No. 13 Tahun 2025, sekolah dasar (SD) di seluruh Indonesia kini memiliki panduan jelas mengenai pembagian waktu belajar Intrakurikuler dan Kokurikuler, serta dalam menyusun jadwal pelajaran. Struktur Kurikulum SD 2025 ini tidak hanya memperkuat akademik, tetapi juga mengembangkan karakter siswa, keterampilan digital, dan kesehatan siswa.

Tambahan mata pelajaran seperti Bahasa Inggris, Koding, Kecerdasan Artifisial (AI), serta Muatan Lokal Bahasa Daerah menjadi langkah strategis dalam mempersiapkan siswa Sekolah Dasar agar siap menghadapi era digital dan berbagai tantangan masa depan, sekaligus tetap menjaga identitas budaya lokal.

Dengan implementasi yang baik akan membantu siswa siap menghadapi perkembangan zaman sekaligus tetap berakar pada karakter bangsa Indonesia.

Demikian informasi tentang Alokasi Waktu Mata Pelajaran Intrakurikuler dan Kokurikuler Kelas I-VI SD Berdasarkan Permendikdasmen No. 13 Tahun 2025 ini. Semoga artikel ini bermanfaat khususnya bagi seluruh siswa, guru, staf sekolah, serta orang tua/wali siswa di SD Negeri 3 Nyalian Kabupaten Klungkung. Salam Edukasi. Salam Pancasila.

Post a Comment for "Alokasi Waktu Mata Pelajaran Intrakurikuler dan Kokurikuler Kelas I-VI SD Berdasarkan Permendikdasmen No. 13 Tahun 2025"